Selasa, 11 Maret 2014

Tahapan-tahap tes PT Pertamina (Persero)

Bismillah,,,ini posting pertama ane setelah hampir satu tahun udah ga pernah posting lagi. Kali ini gw pengen share tentang tahap-tahap tes pertamina sampai tahap-tahap pendidikan di pertamina. Pertamina merupakan perusahaan Energi Terbesar di Indonesia jadi banyak banget yang pengen masuk ke pertamina. Banyak tahapan dalam tes masuk pertamina sampai bisa jadi pegawai pertamina.

Langsung aja ane mau jelasin bagaimana tahapan2 tes pertamina.
1. Pendaftaran
Kita harus daftar dulu gan buat ikut tes pertamina lewat website nya dan upload berkas2 nya. Jangan lupa isi semua data dengan lengkap gan kalo ga lengkap pasti ga bisa. Kalo kalian lolos tahap pertama ini pasti dihubungi dan bisa ikut ketahap selanjutnya yaitu tahapan psikotes. Tp sabar ya gan mpok minah manggilnya sesuka dia bisa 1 bulan 2 bulan atau lebih. Kalo ane sendiri dari daftar sampai di panggil tes tu sekitar 6 bulanan gan. lama banget kan. Panggilan biasanya lewat email resminya Recruitment@pertamina.com atau  lewat ecc ugm dab sama sekali tidak dipungut biaya. Hati-hati bagi yang dapat email dan di suruh pakai travel khusus serta harus bayar biaya penginapan kemungkinan besar itu penipuan.

2. Tahap Psikotes
Apa si yang harus dibawa dan harus disiapkan saat psikotes?Yang pasti kita harus banyak2 belajar soal2 psikotes gan. Beli buku di grame**a banyak tu. Soalnya ga beda jauh kok sama soal2 di buku2.  Oh ya nanti sebelum psikotes biasanya di suruh ngumpuling berkas2 gan di antaranya

FC Ijazah legalisir
FC Transkrip legalisir
FC sertifikat toefl / toeic
FC KTP
CV / Resume, buat sebagus mungkin
Lamaran ditujukan ke HR
Foto 3x4 dan 4x6 sesuai permintaan
Foto Full Body
Sertifikat yang sekiranya penting, jangan yang biasa aja dan jangan banyak-banyak.

Tenang biasanya di email juga kok apa aja yang harus dibawa jadi kita ada persiapan. Psikotesnya dari lembaga lain bisa dari UGM atau dari UI.

3. Tahap ketiga adalah tes bahasa inggris TOEIC kalo buat BPA score minum sekitar 400an kalo BPS sekitar 600an.Pada tahap ini banyak temen2 yang berguguran. Soalnya ini tahap penentu buat lanjut interview User. Dari psikotes sampai ke Test toefl jaraknya kurang lebih sekitar 2 minggu. Tp ada juga yang lebih cepet tergantung daerahnya.

4. Tahap Interview User
Tahap empat ini tahap yang dinanti2 karena cukup lama nunggu dari tahapan psikotes ke tahap ini jaraknya sekitar 3 mingguan.

5. Medical checkup
Setelah kita melewati tahapan interview user tahap selanjutnya adalah Medical Check up. Kalo pas ane abis interview user besoknya langsung Medcheck gan. Pengumuman hasil interview di emailin sore sampai malam.

6. Hasil akhir
Karena ane BPA jadi ga ada interview sama VP Pertamina tapi langsung menunggu hasil Medcheck gan. Ini tahapan yang paling bikin jantung mau copot gan. Ane nunggu sampai 2 bulan baru dapet pengumuman. Dan setiap direktorat tu ga sama waktu pengumumannya. Ane Medcheck tanggal 17 November pengumuman sekitar 17 januari dan mulai pendidikan 3 Februari 2014.




6 komentar :

  1. Mas, makasih banget buat infonya nech.. hehehe ane juga ikutan daftar mpok minah tahun ini dan baru sampe thap TOEIC 10 April kemarin.. Mau tanya nech mas klau pengumuman TOEIC nya itu biasanya berapa lama yaa?? ini udah sebulan sih belum ada pengumuman dan biasanya diumumin dmn ya??

    hehehe maaf ya mas banyak tanya...biz dagdigdug nech nunggunya :P

    BalasHapus
  2. kalo aku dulu hasil toeic di umumin 2 minggu setelah test.
    Biasanya dimmin via email sama di tlpn jga.
    Kalo ga salah sampai skrang udah ada yang interview user mbak..

    coba cek di forum kaskus biasanya pada ngeshare
    http://www.kaskus.co.id/post/52eda5b5ffca173e508b459a#post52eda5b5ffca173e508b459a

    BalasHapus
  3. mas dauss boleh minta kontaknya?

    BalasHapus
  4. Lumayan ya tahapannya... buat sharing pengalaman... semangat 45

    BalasHapus
  5. Mas berkas yg di upload itu apa aja ya? Ada SKCK gak?

    BalasHapus
  6. Mas berkas yg di upload itu apa aja ya? Ada SKCK gak?

    BalasHapus